BPMI UMM HADIRI FGD PRAKTIK BAIK PELAKSANAAN PENJAMINAN MUTU DI LLDIKTI 7 SURABAYA
07/11/2024 20:47
Panduan untuk melaksanakan kegiatan survei tingkat kepuasan para pemangku kepentingan internal dan eksternal terhadap penerapan semua standar SPMI . Pemangku kepentingan internal meliputi: mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan, sedangkan pemangku kepentingan eksternal meliputi: lulusan, pengguna lulusan, mitra kerjasama, dan masyarakat.
Tujuan utama kegiatan survei adalah untuk mendapatkan masukan dan umpan balik atas pelaksanaan SPMI pada semua kriteria serta rekomendasi implementasi standar nasional dan standar pendidikan tinggi.
BPMI memiliki 15 instrumen survei tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap 10 keriteria atau bidang implementasi SPMI atau penjaminan mutu,:
1. Instrumen 1: Tingkat Pemahaman Terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi.
Responden: dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumn
2. Instrumen 2: Tingkat Kepuasan Tenaga Kependidikan terhadap Penyelenggaraan Manajemen Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama.
Responden: dosen, tenaga kependidikan, alumni, mitra kerjasama, dan pengguna.
3. Instrumen 3: Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penyelenggaraan Bidang Kemahasiswaan.
Responden: mahasiswa.
4. Instrumen 4: Tingkat Kepuasan Tenaga Kependidikan terhadap Pengelolaan dan Pengembangan Bidang Sumber Daya Manusia.
Responden: Dosen dan Tenaga Kependidikan
5. Instrumen 5:
Instrumen 5a: Tingkat Kepuasan Tenaga Kependidikan terhadap Penyelenggaraan Bidang Keuangan, Sarana dan Prasarana.
Responden yaitu Mahasiswa
Instrumen 5b: Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penyelenggaraan Bidang Keuangan, Sarana dan Prasarana
Responden: Dosen dan Tenaga Kependidikan.
6. Instrumen 6:
Instrumen 6a: Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penyelenggaraan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran.
Responden yaitu Mahasiswa.
Instrumen 6b: Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Proses Pendidikan.
Responden yaitu Mahasiswa
7. Instrumen 7: Tingkat Kepuasan Dosen terhadap Penyelenggaraan Bidang Penelitian.
Responden yaitu Dosen.
8. Instrumen 8: Tingkat Kepuasan Dosen terhadap Penyelenggaraan Bidang Pengabdian kepada Masyarakat.
Responden yaitu Dosen.
9. Instrumen 9
Instrumen 9a: Tingkat Kepuasan Mitra Kerjasama terhadap Profil Lulusan.
Responden: Mitra Kerjasama dan Orang Tua Alumni.
Instrumen 9b: Tingkat Kepuasan Dosen terhadap Suasana Akademik.
Responden: Dosen.
Instrumen 9c: Tracer Study pada Alumni.
Responden yaitu Alumni.
Instrumen 9d: Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Kinerja Lulusan.
Responden: Pengguna Alumni.
10.Instrumen 10: Tingkat Kepuasan terhadap Pelaksanaan Jati Diri dan Al Islam Kemuhammadiyahan.
Responden: Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, dan Alumni.
Unduh Dokumen Panduan Survei Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemangku Kepentingan.