Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pakuan Bogor Laksanakan Kegiatan Studi Banding di Universitas Muhammadiyah Malang

Senin, 27 Februari 2023 18:43 WIB

Badan Penjaminan Mutu Universitas Pakuan Bogor menggandeng Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Universitas Muhammadiyah Malang dalam rangka melaksanakan kegiatan  Studi Banding yang dilakukan di One Day Service (ODS), Universitas Muhammadiyah Malang pada Senin (27/02/23). Kegiatan ini turut hadiri oleh sejumlah 10 (sepuluh) orang Staf BPMI dari Universitas Muhammadiyah Malang dan 7 (tujuh) orang dari lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pakuan Bogor.

Kegiatan Studi Banding di awali dengan sambutan dari Perwakilan Universitas Pakuan Bogor oleh Dr. Griet Helena Laihad yang merupakan Ketua dari Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pakuan Bogor. Dalam sambutannya beliau menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya mengenai Benchmark. Bersama 7 peserta antara lain Dr. Herman, S.E., M.M. (Kapus Penjaminan Mutu), Cantika Zaddana, S.Gz., M.Si. (Kapus Audit Mutu Internal), Dr. Indriyani, M.Pd. (Kapus Audit Mutu Eksternal), Tri Rahman Syah, S.Kom. (Staf IT), Dedah Faridah, S.E. (Staf Admin), dan terakhir Erna Satriani N., S.E (Staf admin).

Sambutan kedua sekaligus perkenalan dari tim BPMI (Badan Penjaminan Mutu Internal) perwakilan Universitas Muhammadiyah Malang oleh Bapak Kepala BPMI yaitu Dr. Ainur Rofieq.  Bersama Sekretaris, Kabid Pengembangan Standar, Bidang SIM dan Survey, Bidang AMI dan RTM, Bidang Dokumen dan Pendampingan. Bapak Kepala BPMI menyampaikan bahwa struktur BMPI berada dibawah Rektorat, yang berkoordinasi dengan UPPS atau Prodi, dan terdapat juga Gugus Penjaminan Mutu Internal (GPMI) sebagai kepanjangan tangan dari BPMI. Penjaminan mutu harus ada di tingkat Prodi.

Dalam kegiatan Studi Banding ini berdiskusi mengenai SPMI, Deskripsi pelaksanaan Penjaminan Mutu Universitas Pakuan Bogor memiliki 38 standar, terhadap 38 auditor. Terdapat juga SIM yaitu siamida. Penjelasan oleh kepala BPMI tentang SPMI UMM di mulai dari dokumen RIP dan Resntra yang memuat IKU dan IKT dan turunannya sampai dengan RENOP. Dalam hal ini terdapat juga penayangan terkait Web LPM Universitas Pakuan Bogor dan proses siklus PPEPP serta terdapat kebijakan ISO. Berbagai pengalaman dari BPMI UMM sebagai penjamin mutu dengan kriteria C1 sampai dengan C10. Jati diri dan Al Islam Kemuhammadiyahan merupakan ciri atau nilai dari Universitas Muhammadiyah Malang. (rzk)

Shared: