Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Langsa Adakan Benchmarking Ke UMM

Kamis, 29 Desember 2022 18:40 WIB

Malang, 29 Desember 2022 – Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mendatangi Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam rangka untuk melaksanakan studi banding pada Kamis (29/12/2022), pukul 08.00 WIB hingga selesai. Kegiatan benchmarking ini diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), tepatnya di Kantor BPMI, dan dihadiri oleh 10 orang staff BPMI juga 5 orang peserta dari Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa.

Kegiatan studi banding ini, diawali dengan sambutan dari pihak BMPI UMM, yaitu Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., selaku sekretaris BPMI UMM, dan dilanjutkan dengan penyampaian maksud benchmarking serta pengenalan anggota dari pihak Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Langsa, oleh Dr. Yusaini, M.Pd., selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Langsa. Selanjutnya, dijelaskan beberapa materi mengenai mutu internal UMM yang disampaikan oleh beberapa pemateri.

Materi pertama adalah materi  terkait manajemen SPMI di UMM yang disampaikan oleh Ibu Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., selaku sekretaris BPMI UMM. Sedang materi kedua, disampaikan oleh Ibu Hari Windu, selaku Kepala Bidang Audit Mutu Internal (AMI) dan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), di antaranya ialah materi terkait AMI, PPEPP terutama Evaluasi (Monev) yang meliputi UPPS, PS, dan OTK terhadap capaian unit masing-masing sebagai bahan evaluasi tingkat UMM.

Adapun materi terakhir, yaitu materi ketiga, ialah presepsi tentang penjamin mutu dan pelaksana mutu di IAIN sekaligus standar tambahan yang menjadi ciri khas yang belum pernah ada, dan sistem rekruitmen auditor AMI, yang disampaikan oleh Dr. Sabaruddin, selaku Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu IAIN Langsa.

Pada sesi diskusi, terdapat proses tanya jawab mengenai proses akreditasi PS di UMM oleh lembaga APT yang juga menuju akreditasi internasional. Selain itu, juga terdapat proses tanya jawab mengenai dokumen penyelenggaraan mutu di UMM beserta Rancangan Anggaran Belanja (RAB). Pada sesi terakhir, dijelaskan pula proses penyusunan standar di UMM yang disesuaikan dengan kondisi di UMM. (yvs)

Shared: