Guna Penguatan Mutu, BPMI UMM Bina Universitas Madako Lakukan Pendampingan SPMI

Rabu, 15 November 2023 08:00 WIB

Sumber berita

13 November 2023

ATIM AKTUAL –13-14 November 2023 dilakukan pendampingan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Universitas Madako Tolitoli (UMADA).

Kegiatan pendampingan dilakukan oleh dua orang perwakilan dari Badan Penjaminan Mutu Internal Universitas Muhammadiyah Malang (BPMI UMM), yaitu Dr. Saiman, M.Si dan Dr. Husamah, M.Pd. Pendampingan ini merupakan rangkaian kegiatan yang didukung oleh Program Bantuan Program Studi Terbina Sistem Penjaminan Mutu Internal Tahun 2023 kerjasama Kemendikbudristek dan UMM.

Universitas Madako Tolitoli merupakan salah satu dari enam perguruan tinggi di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah yang dibina UMM. Program ini berjalan selama beberapa bulan, mulai dari kunjungan lapang, workshop daring, dan pendampingan lapang.

Wakil Rektor I Universitas Madako Tolitoli Drs. Theopilus Cornelis Motoh, M.Pd menyampaikan terima kasihnya kepada BPMI UMM dan Kemendikbudristek atas terpilihnya kampus ini sebagai kampus terbina.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan mutu penyelenggaran perguruan tinggi. Melalui Lembaga Penjaminan Mutu atau LPM UMADA kami terus berupaya. Kami menyadari bahwa sesuai dengan amanat UU No. 12 Tahun 2012, bahwa penjaminan mutu perguruan tinggi ditujukan untuk pendidikan mutu. Perguruan tinggi harus secara sistematis melaksanakan proses penjaminan mutu melalui Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan mengacu Standar Nasional Pendidikan Tinggi” ujar Wakil Rektor I UMADA.

Sementara itu, Kepala LPM UMADA bapak Kahar SP., MP menyampaikan komitmennya untuk mengawal SPMI UMADA.

“Kami senang belajar dengan tim BPMI UMM. Sistem penjaminan mutu internal atau SPMI adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Kami terus belajar untuk mewujudkan itu” ujar Kahar, SP., MP.

Di sisi lain, Dr. Saiman, M.Si mewakili BPMI UMM dengan telaten mendemokan system SPMI yang telaha dikembangkan BPMI UMM. Sistem itu disebut i-QASS lite. Sistem ini dapat digunakan oleh semua Perguruan Tinggi mitra BPMI UMM.

“BPMI UMM mengembangkan i-QASS yang dimotori oleh Dr. Wahono. Sistem ini dikawal terus oleh Prof. Dr. Ainur Rofieq, M.Kes selaku Kepala BPMI UMM. Insha Allah akan bermanfaat bagi kampus bapak ibu semua”, terang Dr. Saiman, M.Si.

Shared: