BPMI UMM Sambut Baik Benchmarking Fakultas Teknik Universitas Udayana Bali

Jum'at, 16 Juni 2023 21:00 WIB

Malang, 16 Juni 2023 - Bapak Dr. Ainur Rofieq, M.Kes selaku Kepala BPMI Universitas Muhammadiyah Malang menyambut dengan baik kedatangan tim dari Fakultas Teknik Universitas Udayana Bali dengan tujuan untuk Studi Banding yang dilaksanakan pada Jumat (16/06/23). Bertempat di One Day Service (ODS) Universitas Muhammadiyah Malang bersama dengan 10 staf dari BPMI UMM dan 6 orang dari Fakultas Teknik Universitas Udayana Bali. Dalam kegiatan kali ini, tim membahas mengenai 3 topik, yaitu tentang bagaimana menyikapi RTL, perumusan standar dan indikator kinerja, serta tentang bagaimana pengelolaan SIM.

Sambutan yang pertama oleh Dr. Wayan Nata Septiadi, S.T., M.T., selaku kepala/koordinator Unit Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (UP3M). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa maksud kedatangannya bersama 6 peserta Nii Made Yudantini, S.T., M.Sc., Ph. D., selaku sekretaris UP3M FT Unud, Mia Juliana, S.T.P., M.T., selaku Sub Koordinator Devisi Internalisasi UP3M FT. Unud, Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati, S.T., M.T., selaku Sub Koordinator Devisi Data Center dan Informasi Akademik UP3M FT. Unud, Ardina Susanti, S.T., M.T., selaku Sub Koordinator SPMI UP3M FT Unud, dan Agoes Hadi Birawan, SE selaku Koordinator Tata Usaha FT, Unud.

Dengan maksud dan tujuan yang pertama yaitu membahas mengenai bagaimana menyikapi RTL. Dalam menyikapi sebuah RTL, UPPS/Prodi melaksanakan dan melaporkan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Mandiri yang merujuk pada hasil survei tingkat kepuasan pemangku kepentingan. Hasil Evaluasi Mandiri tersebut menjadi bahan Field Audit dan Desk Audit yang menghasilkan audit berupa dokumen laporan AMI dan mendapatkan hasil identifikasi permasalahan. Hasil identifikasi ini yang selanjutnya menjadi RTL yang akan menjadi bahan dalam penyusunan Renop tahun berikutnya.

Dalam kegiatannya yang kedua yakni membahas mengenai Perumusan Standar dan Indikator Kinerja yang memiliki alur perumusan standar sebagai berikut: RIP - Renstra - Renop - Standar Mutu (target capaian). RIP sendiri merupakan Rencana Induk Pengembangan yang mempunyai jangka waktu 12 tahun yang di dalamnya memuat indikator Kinerja Induk. sedangka Rencana Kerja Strategis (Renstra) memiliki jangka waktu 4 tahun yang menterjemahkan indikator induk menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT). Rencana Operasional merumuskan target yang harus dicapai dalam 1 tahun yang akan menjadi dasar penyusunan anggaran dan standar mutu.

Selanjutnya kegiatan yang terakhir adalah membahas memgenai bagaimana pengelolaan SIM yang tepat. Universitas Muhammadiyah Malang memiliki Demo SIM SPMI dengan versi 2.0. Pembahasan terakhir ini sekaligus menjadi penutup kegiatan Studi Banding antara tim BPMI Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama dengan tim dari Fakultas Teknik Universitas Udayana Bali (Unud). (rzk)

Shared: