Audit Mutu Internal (AMI)

Rabu, 19 April 2023 22:42 WIB

Tahun 2023, Tonggak Capaian Sukses Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang.

Minggu kedua, April 2023, UMM telah menyelenggarakan kegiatan AMI untuk periode 2022. Kegitan ini menyasar semua Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Program Studi (Prodi) di lingkungan UMM. Sebagai bagian  langkah penting dalam siklus manajemen SPMI (PPEPP), penyelenggaraan Audit Mutu Internal (AMI) merepresentasikan komitmen institusi dalam mewujudkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) secara periodik dan berkelanjutan.

AMI merupakan salah satu kegiatan evaluasi terhadap hasil implementasi standar mutu atau pemenuhan indikator kinerja oleh UPPS dan Prodi berdasarkan dokumen Standar Mutu dan Rencana Operasional UMM tahun anggaran 2022. Proses AMI dilakukan melalui dua kegiatan, yaitu audit kecukupan (desk audit) dan audit lapangan (field audit). Aktivitas AMI, melibatkan berbagai pihak, yakni tim Auditor, para pimpinan UPPS dan Prodi selaku Auditee, serta personil Gugus Penjaminan Mutu Internal (GPMI). Semua proses AMI dilakukan oleh Auditee dan Auditor melalui SIM SPMI 2.0. Salah satu hasil AMI adalah rumusan rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang menjadi bahan bagi pimpinan UMM untuk melakukan continuous improvement tehadap mutu kedepan.

Pelaksanaan AMI 2023 telah diselenggarakan selama dua minggu, mulai 1 April 2023 hingga 15 April 2023. Dalam kurun waktu tersebut, Tim Auditor Internal melakukan verifikasi atau konfirmasi terhadap kesesuaian capaian dengan target capain mutu yang telah ditetapkan oleh UMM, khususnya terkait dengan capaian kinerja Tri Dharma di Prodi dan capaian target keseluruhan bidang mutu untuk kinerja UPPS.

Dalam pelaksanaannya, seluruh pejabat struktural UPPS dan Prodi tampak antusias dan memberikan respon positif, saat para Auditor melakukan field audit di masing-masing unit.

“Pelaksanaan AMI UMM di tahun 2023 dimaksudkan untuk memastikan pemenuhan setiap standar mutu yang telah ditetapkan UMM, sekaligus tolak ukur “prestasi” dalam pemberian pelayanan terbaik bagi mahasiswa dan para pemangku kepentingan UMM termasuk masyarakat. Saya yakin melalui capaian pelaksanaan AMI, kualitas layanan pendidikan di kampus dapat lebih dioptimalkan dan terjamin efektifitas dan efisiensinya,  karena setiap kegiatan yang diselenggarakan pihak kampus telah sesuai dan terkonfirmasi pemenuhan standarnya.  Di samping itu, tentunya temuan persoalan yang terjaring akan menjadi bekal yang bermakna saat penyelenggaraan RTM dan peningkatan standar mutu yang akan kita laksanakan" ujar Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd., saat memberikan memberikan arahan dan penguatan ketika meninjau pelaksanaan AMI tahun ini.

Terkait dengan hasil penyelenggaraan AMI tersebut, Prof. Dr. Muslimin Machmud, M.Si., Dekan FISIP UMM menyatakan “Alhamdulillah… pelaksanaan AMI sangat bermakna bagi UPPS dan Prodi kami, karena adanya AMI, kami  dapat menemukan berbagai persoalan, kelemahan sekaligus kelebihan lembaga kami, serta dapat merumuskan  penyelesaian atau solusi untuk setiap temuan permasalahan  kegiatan pencapaian mutu dilembaga kami sesuai standar mutu dan indikatornya. Semua UPPS dan Prodi sudah selayaknya selalu mendukung setiap Aktivitas BPMI yang hakikatnya memberikan layanan dan bantuan untuk eksistensi lembaganya, terima kasih kepada para pimpinan UMM dan BPMI, Semoga budaya mutu selalu kian menjadi ciri dan UMM yang bermutu terus berjaya“ Demikian pernyataan Muslimin, saat penutupan pelaksanaan AMI di fakultasnya.

 

Shared: